KOLAM RENANG

Bertambah pesatnya pembangunan-pembangunan di Kota-kota Kabupaten dan KotaMadya sebagai Ibukota wilayah-wilayah di  Indonesia, berdampak terhadap kemajuan tingkat perekonomian wilayah-wilayah tersebut. Sehingga perekonomian masyarakatnyapun meningkat seiring dengan kesibukan dalam menjalankan roda perekonomiannya.

Lokasi hunian atau pemukiman penduduk, lokasi perdagangan, lokasi industri dan lokasi pendidikan yang adapun sudah cukup banyak . Dengan keragaman populasi penduduk yang ada, ternyata belum diimbangi dengan ketersediaan sarana dan prasarana rekreasi yang memadai, sehingga masyarakatnya didalam memenuhi kebutuhan rekreasinya masih memiliki kendala terhadap tersedianya tempat-tempat rekreasi. Ironisnya pemerintah daerah seolah enggan untuk menyediakan kebutuhan untuk berekreasi bagi warganya. Padahal dilihat dari strata sosial masyarakatnya masih didominasi oleh golongan masyarakatmenengah kebawah dibandingkan masyarakat golongan menengah keatasnya. Seperti umumnya masyarakat perkotaan yang sibuk dengan segala aktivitasnya, maka sudah menjadi keharusan bagi masyarakat yang terhimpun dalam keluarga masing-masing membutuhkan rekreasi sekedar untuk menghilangkan kepenatan dalam kehidupan sehari-hari.

LATAR BELAKANG

Salah satu wahana rekreasi yang sekaligus juga sebagai pembugaran jasmani sebagai tempat refreshing adalah tempat rekreasi renang ( water park ), karena berenang merupakan olah raga yang baik bagi kesehatan tubuh.Bagi kebugaran jasmani, olahraga air yang satu ini memang baik untuk perkembangan tubuh serta kesehatan jantung dan paru-paru. Selain itu dengan melakukan olah raga air ini, keuntungan lain yang didapat adalah berkurangnya ketegangan pada sendi-sendi. Penelitian menunjukkan bahwa berolah raga di dalam air dengan ketinggian sebatas pinggang dapat mengurangi ketegangan sendi hingga 50%, dan 75% jika dalamnya air sebatas dada. Dengan demikian dari berbagai manfaat olahraga air tersebut, kita dapat mengambil manfaatnya sehingga kita kembali melakukan rutinitas secara optimal pada hari kerja.

Dari berbagai manfaat kegiatan menyenangkan dan menyehatkan diatas, tidaklah terlepas dari problematik besarnya biaya yang dikeluarkan. Dengan kondisi perekonomian yang akhir-akhir ini semakin tidak menentu, adanya kesenjangan sosial, harga-harga kebutuhan yang sangat tinggi membuat kegiatan seperti ini hanya dapat di rasakan oleh beberapa kalangan saja, maka dibutuhkan suatu upaya untuk dapat mengapresiasi kebutuhan masyarakat ini dengan suatu bentuk usaha yang bisa menjawab kondisi yang ada yaitu membuat sarana rekreasi dengan harga murah (terjangkau) tetapi tetap bermutu.

TUJUAN

Merujuk pada uraian tersebut diatas, maka menyediakan lokasi tempat rekreasi renang ( water park ) yang dilengkapi dengan wahana-wahana permainan air yang bisa dinikmati oleh orang dewasa, anak-anak bahkan balita, sangat memiliki prospek kedepan yang cerah. Dengan harga yang terjangkau sesuai dengan strata sosial masyarakatnya tanpa mengurangi fungsi dan kualitas sarana penunjangnya bahkan setara dengan rekreasi renang ( water park ) yang ada, sehingga masyarakat tidak hanya melihat atau mendengar adanya rekreasi renang ( water park ) tapi mampu atau terjangkau untuk menikmatinya.

SARANA DAN PRASARANA YANG DIBUTUHKAN

1. Lokasi :

  • Diwilayah yang tidak jauh dengan lokasi-lokasi perumahan
  • Relatif dekat dengan lokasi-lokasi sekolahan
  • Luas tanah minimal 4.000 m2 sampai 5.000 m2
  • Lokasi berbukit atau datar dan tidak banjir
  • Menjadi lintasan atau tidak jauh dari lintasan kendaraan umum
  • Status tanah sertifikat, akan lebih menunjang bila ada bangunan yang telah          memiliki IMB

2. Perencanaan Tata Ruang

  • Perencanaan tata ruang berpedoman pada ijin lokasi yang telah dikeluarkan oleh Pemda setempat rasio 60 % bangunan dan 40 % Fasum dan Fasos.

3. Sarana Rekreasi

  • Fasilitas kolam renang atas dasar kriteria perancangan :

–  KolamRenang Utama 25,0 x 12,5 x (0,8~1,0~1,2)           = 1 unit

Water Slide/water boom     tinggi 4 meter dengan

lintasan panjang 22 meter

–  KolamRenang Anak 12,5 x 12,5 x (0,5 )

Panggung atas air

Sliding

Permainan air plus (ember tumpah)

Permaianan air plus (payung air)

Lampu Kolam Renang

  • Sarana Penunjang :
  1. – Loket
  2. – Kamar Ganti
  3. – Kamar Mandi / Toilet
  4. – Jalan masuk dan lingkungan
  5. – Pelataran Parkir
  6. – Mushola
  7. – Food Court

4. Sasaran Pasar

1.1 Pasar terbuka / umum :

  • Masyarakat umum diwilayah sekitarnya

1.2  Pasar kolektif :

  • Siswa-siswa sekolah dari TK sampai dengan SLTA, dengan cara bekerja sama dengan Kepala Sekolah atau guru Olah raga untuk kegiatan ekstra kurikuler
  • Acara arisan atau perayaan ulang tahun
  • Khusus bagi para muslimah (jadwal khusus)
  • Members

5. Usaha-usaha penunjang

a. Kantin atau kafetaria

b. Toko alat-alat atau kelengkapan renang

c. Sewa pakaian renang

d. Sewa ban atau pelampung renang

e. Kursus / privat renang

f. Parkir mobil dan motor

6. Harga Tiket Masuk

Agar bisa memberdayakan masyarakat kelas menengah kebawah untuk dapat

menikmati hiburan ini, maka harga :

Hari Harga tiket

Hari Harga Tiket
Umum UmumKhususanak sekolah Senin – Jumat Senin – Jumatdan hari liburSenin – Jumat (kecuali hari libur) Rp.   7000,- Rp. 10.000,-Rp.   5.000,-

CONTOH PRODUK

waterslide Picture 009 10 14 sondokoro 2

4 6 19

 

2 thoughts on “KOLAM RENANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s