PUTRA BANGSA

bersama kita maju

LATAR BELAKANG

LATAR BELAKANG

Pada saat kondisi bangsa yang sangat delamatis dan komplek akan permasalahan di masyarakat, dari masalah ekonomi, sosial, budaya dan politik perlu kita cermati bahwa permasalahan tersebut haruslah diperhatikan. Dalam hal ini peran serta pemuda dalam masyarakat sangat diperlukan untuk memecahkan permasalahan tersebut hingga dapat macapai kesejahteraan bersama. Kesejahteraan dan kemakmuran itu dapat tercapai apabila Putra Bangsa bersatu dan bertekad untuk mengedepankan kepentingan bersama.

Kita harus mengetahui secara faktual kondisi yang ada pada masyarakat, bagaimana sekarang ini kita dalam  kondisi perekonomian yang sangat sulit, kurangnya lapangan pekerjaan, masuknya tren budaya asing hingga keadaan politik yang tidak menentu. Dari banyak permasalahan tersebut menimbulkan stabilitas kehidupan yang buruk, Sehingga timbullah tingkat kerawanan (kriminal) yang tinggi. Kita dapat lihat dari sekitar kita bagaimana tindak pidana yang merajalela dan di satu sisi tidak ada ketegasan dari aparat penegak hukum.

Ada beberapa hal yang perlu  sangat-sangat kita perhatikan adalah kondisi ekonomi dan keamanan. Rasa aman pada sebagian masyarakat kita sangatlah belum dapat dinikmati dan itupun dapat dilihat ditempat-tempat umum, bagaimana sebagian masyarakat kita menindas sebagian masyarakat yang lain. Karena kerawanan kondisi kriminal (criminal condition) yang tinggi, maka otomatis akan berpengaruh pada tingkat perekonomian yang ada pada masyarakat, contoh saja terbatas ruang gerak petani untuk menjual hasil buminya, monopoli, tengkulak dan bahkan rentenir.

Dari aspek komunitas politik, timbulnya multi partai dimana dari sekian partai tersebut cenderung mengurusi kepentingan-kepentingan golongan dan tentu itu akan menimbulkan konflik. Di lain sisi tumbuh juga organisasi-organisasi masyarakat (ormas) yang mengedepankan kegagahan/jagoan yang bersifat keagamaan dan etnis dalam artian sempit, sehingga  cenderung  komunitas tersebut lebih mengedepankan kepentingan agama dan etnisnya, dan lebih buruknya lagi ormas tersebut dalam penyeleseaian permasalahan menonjolkan kekerasan.

Inilah paradigma yang sekarang terjadi dalam kehidupan masyarakat, betapa pentingnya pemuda-pemuda yang dapat berpikir jernih, rasional dan nasionalis. Oleh karenanya marilah kita wujudkan kehidupan yang sejahtera, stabil, dinamis dan saling menghormati.

Perkembangan Negara dan Bangsa tidak terlepas akan aktivitas dan kinerja pemuda. Pemuda adalah tulang punggung Negara yang bertugas untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan sehigga dapat mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang benar-benar merdeka. Merdeka dalam artian merdeka secara fisik maupun ekonomi.

Pada saat ini dengan keadaan Negara yang sedang “sakit”  perlu kita perhatikan pemuda-pemuda bangsa yang merupakan bibit unggul sebagai penerus cita-cita nilai-nilai kebangsaan. Nilai-nilai kebangsaan sudah semakin luntur dengan adanya keadaan ekonomi yang sulit dan rusaknya nilai-nilai budaya yang merupakan warisan dari leluhur bangsa. Perlu kita cermati bahwa dengan semakin modernnya zaman maka semakin pula perlunya defens/pertahanan nilai kebangsaan dengan masuknya budaya barat, dimana budaya barat sangat-sangat mendominasi tren mode kehidupan pemuda kita.

Paradigma kepemudaan haruslah perlu kita kaji dan bentuk untuk menumbuhkan rasa nasionalis yang tinggi terhadap Negara dan Bangsa. Hal ini perlu kita sikapi dikarenakan banyaknya pertumbuhan organisasi kepemudaan atau bahkan organisasi- organisasi masyarakat yang tidak jelas yang hanya bertujuan untuk penggalangan massa.

Organisasi-organisasi tersebut lebih cenderung mementingkan kelompoknya, dan cenderung menonjolkan kekerasan fisik sehingga menimbulkan ke khawatiran dalam masyarakat. Hal ini sangatlah rawan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dan dapat menimbulkan bahaya disintegrasi bangsa.

Dengan adanya suatu wadah yang bertujuan mempertahan Nilai-nilai kebangsaan maka dengan sendirinya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia terjaga. Marilah kita sama-sama wujudkan cita-cita luhur ini dengan tekad kebersamaan. Merdeka !!!

PUTRA BANGSA

Putra Bangsa lahir pada tanggal 10 november 2008, didirikan  oleh beberapa pemuda yang kritis terhadap kehidupan  masyarakat dan bercita-cita untuk mencapai kehidupan masyarakat sejahtera. Putra Bangsa didirikan di kota semarang tepatnya di jalan Banjarsari No. 01 Kecamatan Tembalang Kotamadya Semarang Jawa Tengah dengan anggaran dasar yang ditanda tangani oleh notaris Bapak Ngadino. SH. dengan akte tanggal 05 November 2008 No : 06.

Dalam perjalannya Putra Bangsa mendapat sambutan yang positif dari berbagai pihak, ini sangat diperlukan untuk membina persatuan dan kesatuan dikalangan pemuda dan sebagai penerus generasi tua. Program-program Putra Bangsa sangat mengena kepada masyarakat terutama lapisan masyarakat bawah, dalam hal ini Putra Bangsa berusaha untuk memberikan solusi apa yang terjadi permasalahan di masyarakat.

Ruang lingkup kegiatan Putra Bangsa sangat luas mencakup kehidupan masyarakat perkotaan hingga pedesaan, jadi Putra Bangsa adalah Organisasi Sosial yang bersifat universal. Berdasarkan BAB I pasal 3 Anggaran Dasar Organisasi, yaitu : “jika diangap perlu, ditempat-tempat lain dapat didirikan dan/atau dibuka cabang-cabang atau perwakilan-perwakilannya”, maka dari itu Putra Bangsa sangat perlu sekali untuk membentuk cabang-cabang Organisasi guna menjangkau hingga kepelosok daerah.

Pada dasarnya Organisasi Putra Bangsa adalah organisasi yang berwawasan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45, sehingga Organisasi Putra Bangsa kegiatanya adalah membangun kesejahteraan nasional.

Analisa  SWOT

  1. 1. Strenght (kekuatan)

Pada saat ini banyak sekali organisasi masyarakat yang kegiatannya hanya berorientasi untuk mementingkan golongannya sendiri. Putra Bangsa adalah Organisasi Sosial yang bersifat Universal yang anggotanya benar-benar memperjuangkan kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara.

  1. 2. Weakness (kelemahan)

Kelemahan yang ada pada Putra bangsa adalah pendanaan untuk kegiatan dan mobilitas pengurus, sehingga belum mampu untuk menjangkau ke desa-desa pelosok.

  1. 3. Oupportunity (kesempatan)

Pada masa saat ini adalah waktu yang tepat dan bertepatan dengan datangnya pesta demokrasi, dimana masyarakat juga sudah mulai bingung dengan banyaknya partai yang turut serta pada pemilu 2009, sehingga Putra Bangsa dapat membimbing masyarakat supaya sadar betapa pentingnya pemilu 2009 untuk menentukan masa depan bangsa dan Negara. Hal ini merupakan moment yang tepat merekrut anggota mengajak untuk berpola piker maju dan berwawasan kebangsaan.

  1. 4. Threatment (ancaman)

Ancaman yang sangat perlu diperhatikan adalah kemiskinan. Hal itulah yang dapat menimbulkan perpecahan persatuan bangsa dan Negara.

« PUTRA BANGSA


2 responses to “LATAR BELAKANG

  1. FULL7100 mengatakan:

    mantap bang

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: